1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Star Wars: The Force Awakens Hampir Capai 1 Miliar Dolar di AS

Reino Ezra | 9 Juni 2016 12:00
Selesai tayang di bioskop AS dan Kanada, film arahan J.J. Abrams ini kumpulkan total pendapatan hingga 900 juta dolar AS.

Muvila.com – Akhir tahun lalu, film laga fantasi Star Wars: The Force Awakens berhasil pecahkan berbagai macam rekor box office, khususnya di Amerika Serikat dan Kanada. Dari peredarannya di bioskop domestik, episode ketujuh dari franchise Star Wars ini juga sukses jadi film dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa di AS dan Kanada. Status itu pun masih dipegang hingga hari terakhir film ini tayang di bioskop-bioskop AS pada awal pekan ini.

Setelah beredar di bioskop AS dan Kanada hampir enam bulan sejak 17 Desember 2015, film garapan J.J. Abrams ini akhirnya membukukan pendapatan total 936,6 juta dolar AS, berdasarkan data yang dimuat di Box Office Mojo. Ini merupakan jumlah yang paling spektakuler dalam sejarah box office di Amerika Utara, dan menjadi satu-satunya film yang hampir menyentuh angka 1 miliar dolar AS hanya dari peredaran di bioskop domestik saja. 

Angka final yang diraih The Force Awakens pun menghasilkan selisih yang cukup jauh dari film-film yang masuk daftar terlaris sepanjang masa di AS dan Kanada—walau memang belum memperhitungkan faktor inflasi. The Force Awakens kini berada di atas pendapatan film Avatar (2009) dengan total 760,5 juta dolar AS, Titanic (1997) total 658,6 juta dolar AS, dan Jurassic World (2015) dengan total 652,2 juta dolar AS.

Uniknya, secara global The Force Awakens pada akhirnya tidak mampu mengungguli pendapatan Titanic dan Avatar. Dari box office dunia, The Force Awakens duduk di posisi ketiga terlaris sepanjang masa dengan total pendapatan 2,068 miliar dolar AS. Angka ini masih di bawah Titanic dengan total 2,168 miliar dolar AS dan Avatar dengan 2,788 miliar dolar AS. Meski demikian, paling tidak The Force Awakens masuk dalam kelompok istimewa, karena hanya tiga film itu saja yang sejauh ini mampu meraih nominal pendapatan di atas 2 miliar dolar AS di box office dunia.

Prestasi ini seakan mengulangi kesuksesan film-film pendahulunya. Film Star Wars terawal (1977) pun masih duduk di posisi delapan terlaris sepanjang masa di AS dan Kanada dengan pendapatan total 460,9 juta dolar AS. Demikian pula Star Wars: Episode I – The Phantom Menace (1999) yang berada di posisi ketujuh dengan total 474,5 juta dolar AS. Angka-angka ini membuat film-film ini jadi yang paling laris pada tahun masing-masing.

Kesuksesan luar biasa The Force Awakens memberi awalan baik bagi rencana Lucasfilm bersama Disney untuk mengembangkan lagi franchise Star Wars dengan lebih luas. Bahkan, rencananya setiap tahun akan dirilis film dari franchise Star Wars, baik episode-episode utama maupun berbentuk spin-off.

Star Wars episode kedelapan telah ditetapkan untuk tayang tahun 2017, dan episode kesembilan pada tahun 2019. Sementara, tahun 2016 ini akan dirilis film spin-off pertama Star Wars berjudul Rogue One, dan sedang dikembangkan spin-off tentang tokoh Han Solo muda untuk dirilis tahun 2018. 

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News