1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Star Wars: The Force Awakens Segera Patahkan Rekor Harry Potter

Mia Vita Della | 20 Desember 2015 19:00

Star Wars: The Force Awakens telah menghasilkan 57 juta dolar AS pada malam pertama pemutarannya.

Muvila.com – Penantian panjang penggemar Star Wars, akhirnya membuahkan keuntungan besar bagi Disney dan LucasFilm. Seri terbaru Star Wars: The Force Awakens berhasil memecahkan rekor pendapatan terbesar di malam pembukaan di Amerika dan Kanada. Pada malam pembukaan, Kamis, 17 Desember, film berlatar antariksa ini telah menghasilkan 57 juta dolar AS (Rp 791 miliar). Kini film Star Wars pertama yang diproduksi Disney itu tengah mengejar pendapatan 100 juta dolar AS (Rp 1,3 triliun) pada pemutaran satu hari pertamanya. 

Menurut Disney, film franchise tersebut akan segera mencapai 200 juta dolar AS setelah hari Minggu besok.  Jika itu benar-benar terjadi maka Star Wars: The Force Awakens bakal mematahkan rekor pendapatan satu hari Harry Potter and The Deathly Hallows II yang mencapai 91,1 juta dolar AS (Rp 1,2 triliun) pada tahun 2011. Dan rekor Jurassic World sebagai pendapatan terbesar di akhir pekan juga bakal segera digantikan oleh Star Wars: The Force Awakens.

Bersamaan dengan itu, Disney juga melaporkan bahwa total pendapatan Star Wars: The Force Awakens di seluruh dunia sudah mencapai 157 juta dolar AS (Rp 2,1 triliun). The Force Awakens menghasilkan 72,7 juta dolar AS (Rp 1 triliun) dalam dua hari dari 44 pasar film Internasional termasuk Inggris, Swedia, dan Norwegia.

Berdasarkan survei penonton Rentrak, film ini lebih banyak ditonton oleh laki-laki di atas usia 25 tahun. Sebaran penontonnya, ada sekitar 70 persen penonton laki-laki dan 30 persennya perempuan. Diketahui pula, 51 persen penonton di atas usia 25 tahun.

Setelah berbulan-bulan menjaga kerahasiaan konten filmnya, Star Wars: The Force Awakens berhasil membuat para penggemarnya berdebar-debar dan penasaran pada malam pembukaannya. "Itu luar biasa," kata salah satu penggemar Star Wars yang bernama Kelly Andrews saat usai menonton skrining pada Kamis malam. "Saya menangis air mata bahagia. Aku menangis air mata sedih. Itu indah," lanjutnya seperti dikutip CNBC.

Disutradarai oleh J.J Abrams, Star Wars: The Force Awakens kembali ke sebuah galaksi di jauh sama setelah 30 tahun terjadi Battle of Endor di film Return of the Jedi (1983). Film ini juga kembali menampilkan akting bintang trilogi awalnya seperti Harrison Ford dan Carrie Fiseher yang terkenal dengan peran mereka sebagai Han Solo dan Princess Leia. Mereka bergabung bersama para pemain baru, di antaranya John Boyega, Daisy Ridley dan Oscar Isaac. Film ini telah ditayangkan di seluruh dunia termasuk Indonesia sejak 18 Desember lalu. 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News