1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Skenarionya Ditulis Kecerdasan Buatan, Tonton Film Sunspring Ini

Muhammad Rizal Fikri | 23 Mei 2016 14:00
Copyright: Vimeo/SUNSPRING by 32 Tesla K80 GPUs
Perangkat lunak kecerdasan buatan diberi beberapa kalimat acak untuk dibuat sebuah skenario film.

Muvila.com – Sebuah terobosan baru di dunia perfilman telah terjadi. Di zaman serba digital seperti sekarang ini, hadir sebuah film pendek yang skenarionya ditulis oleh perangkat lunak kecerdasan buatan (artificial intelligence). Walau teknis produksi film berjudul Sunspring ini tetap dilakukan oleh manusia, tapi dialog, sinematografi, dan karakterisasi ditulis oleh kecerdasan buatan.

Semuanya berawal ketika sutradara Oscar Sharp bekerja sama dengan pakar teknologi Ross Goodwin dan timnya. Mereka memberikan beberapa kalimat acak pada sebuah perangkat lunak kecerdasan buatan (neural network). Kemudian, perangkat lunak itu membuat skenario film. 

Dari skenario tersebut terciptalah film pendek Sunspring yang berdurasi 6 menit 54 detik. Inovasi ini dibuat demi mengikuti lomba 48 Hour Film Project 2016 yang diadakan oleh Sci-Fi London. Meskipun film ini belum mampu menjadi juara, namun Sunspring berhasil masuk 10 besar dalam lomba tersebut.

Sunspring sendiri dibintangi oleh Thomas Middleditch, aktor serial televisi Silicon Valley. Penasaran seperti apa film pendek yang skenarionya ditulis oleh komputer? Tonton langsung Sunspring di bawah ini.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News