1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Sutradara Hollywood Mike Nichols Tutup Usia

Reino Ezra | 21 November 2014 12:00
Sutradara terkenal, Mike Nichols meninggal dunia di usianya yang ke-83 tahun.

Muvila.com – Blantika perfilman kembali kehilangan salah satu sosok yang dihormati. Sutradara film dan teater terkenal Amerika Serikat, Mike Nichols, menghembuskan napas terakhir di apartemennya di Manhattan, New York, AS pada 19 November 2014 waktu setempat, akibat serangan jantung. Pemenang Piala Oscar berkat menyutradarai film The Graduate (1967) ini meninggal pada usia 83 tahun, meninggalkan sang istri, jurnalis terkenal Diane Sawyer, tiga orang anak dari dua pernikahan sebelumnya, dan empat cucu.

Selebriti Hollywood pun marak mengungkapkan belasungkawa terhadap Nichols yang dikenal tak pernah menghasilkan karya secara setengah-setengah. Aktris Julia Roberts, yang dua kali diarahkan Nichols di film Closer (2004) dan Charlie Wilson's War (2007, film bioskop terakhir Nichols) bahkan menganggapnya sebagai pahlawan dan kawan yang paling ia sayangi.

"Mike Nichols itu lain dari yang lain. Ia terpuji dan luar biasa dalam segala segi. Pemikirannya bak mutiara, gurauannya tak lekang waktu dan tepat pada tempatnya, kisah-kisahnya mendetail dan sangat menghibur, kehangatannya membuat kita ingin hidup abadi di dalamnya. Ia memberi rasa pada kehidupan, kawan-kawan, dan kue macaron. Ia selalu, selalu menuturkan kebenaran," ungkap Roberts dalam pernyataannya, sebagaimana dikutip The Hollywood Reporter.

Demikian pula aktris Meryl Streep, yang sempat masuk nominasi Piala Oscar lewat film Silkwood (1982) dan Postcards from the Edge (1990), serta menang Piala Emmy berkat mini seri Angels in America (2003) yang diarahkan Nichols. Dengan prestasi membanggakan yang diperoleh bersama, Streep juga menekankan bahwa selain seniman hebat, Nichols juga seorang kawan yang tak tergantikan.

"Ia adalah inspirasi dan menggembirakan untuk dikenal, sutradara yang menangis saat tertawa, seorang kawan yang, tanpanya, well, tak terbayangkan dunia ini seperti apa, ia sosok yang tak tergantikan," ungkap Streep.

Sementara aktor kawakan Tom Hanks mengingat kata-kata yang diucapkan Nichols yang mengubah hidupnya saat bekerja sama untuk film Charlie Wilson's War. "'Maju. Kita harus bergerak maju. Kalau tidak, kita akan jadi apa?' Kata Mike Nichols, yang mengubah hidup orang-orang yang mengenalnya, yang menyayanginya, yang akan sangat kehilangannya," ungkap Hanks.

Mengawali karier sebagai komedian di panggung pertunjukan, Nichols mendulang sukses ketika menapaki karier sebagai sutradara teater dan film sejak era 1960-an. Karya sandiwara dan filmnya banyak yang meraih penghargaan—dan sering juga membuat aktor dan aktris yang diarahkannya masuk bursa penghargaan (sebut saja Elizabeth Taylor, Dustin Hoffman, Cher, Sigourney Weaver, Natalie Portman, hingga Philip Seymour Hoffman), sehingga membuatnya sebagai salah satu sutradara yang paling disegani sekaligus didambakan oleh pelaku perfilman Hollywood.

Beberapa film lain karyanya yang terkenal antara lain Who's Afraid of Virginia Woolf? (1966) yang adalah debut layar lebarnya, Catch-22 (1970), Working Girl (1988), Wolf (1994), The Birdcage (1996), dan Primary Colors (1998). Nichols juga berprestasi saat mencoba mengarahkan film TV Wit (2001) dan mini seri Angels in America, yang sempat memecahkan rekor sebagai program dengan nominasi terbanyak di ajang Piala Emmy, sebanyak 21, dan menang 11 di antaranya. Meski suskes di medium bioskop dan TV, Nichols nyatanya tidak pernah meninggalkan dunia teater. Bahkan, sampai awal tahun 2014 ini ia masih mengurusi sandiwara Betrayal yang dilakoni Daniel Craig dan Rachel Weisz.

Hingga akhir hayatnya, Nichols telah mengumpulkan satu Piala Oscar, sembilan Piala Tony, empat Piala Emmy, dan sebuah Piala Grammy, yang didapatnya berkat rekaman pertunjukan komedinya bersama Elaine May di tahun 1961. Ini juga menobatkan Nichols sebagai salah satu dari beberapa orang saja yang sukses meraih keempat lambang supremasi tertinggi di dunia hiburan AS tersebut.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News