1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Sutradara Mad Max: Fury Road Pimpin Juri Festival Film Cannes

Muhammad Rizal Fikri | 3 Februari 2016 12:00
Berkat Mad Max Fury Road, George Miller akan memilih film terbaik Cannes.

Muvila.com – The Cinefondation dan Marche du Film dua organisasi di balik penyelenggaraan Festival Film Cannes baru saja mengumumkan nama presiden juri untuk festivalnya tahun ini. Posisi presiden juri untuk tahun ini diisi oleh sutradara, penulis skenario dan produser film asal Australia, George Miller.

“Sebuah kebanggan yang mutlak untuk bisa menjadi bagian dari sebuah festival film yang selalu menemukan harta-harta baru di ranah film dari berbagai belahan bumi ini,” respon Miller saat mengetahui dirinya dipilih sebagai presiden juri. “Sekali lagi aku merasa sangat terhormat mendapat kesempatan untuk menghabiskan waktu dengan tim juri lainya dan membahas hal-hal yang kami sukai,” tambah Miller. Dengan dipilihnya Miller menjadi presiden juri tahun ini, berarti menandai dua tahun berturut-turut sang sutradara tampil di Festival Film Cannes. Tahun lalu, film yang disutradarainya, Mad Max: Fury Road diputar dalam sesi Out of Competition dan termasuk Official Selection.

Sebagai presiden juri, berarti Miller harus berunding untuk menentukan film-film terbaik dalam ajang kompetisi Festival Film Cannes. Kemudian Miller juga akan menjadi orang yang menyerahkan penghargaan utama, piala Palme d'Or untuk film terbaik selama festival tahun ini. Terpilihnya Miller menjadi presiden juri Festival Film Cannes tahun ini mengikuti Joel dan Ethan Coen yang menjadi presiden juri tahun 2015, Jane Campion tahun 2014, dan Steven Spielberg tahun 2013.

Dengan karirnya di dunia industri film yang sudah sangat panjang, menjadi juri Festival Film Cannes bukanlah yang pertama untuk George Miller. Meskipun menjadi presiden juri adalah pengalaman pertama, dilansir oleh Variety, pada tahun 1988 Miller pernah menjadi anggota juri di bawah presiden juri Ettore Scola. Kemudian di tahun 1999 Miller juga menjadi juri di bawah presiden David Cronenberg.

Dipilihnya George Miller menjadi presiden juri tahun ini tak terlepas dari prestasinya menyutradarai Mad Max: Fury Road. Film yang dibintangi Tom Hardy sudah memenangkan film terbaik tahun 2015 dari Federasi International Kritikus Film (FIPRESCI). Selain itu Mad Max: Fury Road juga masuk dalam 10 nominasi Oscars dan 7 nominasi BAFTA Awards.

Gelaran Festival Film Cannes akan diselenggarakan di Cannes, Prancis pada tanggal 11-22 Mei nanti. Deretan Juri yang akan mendampingi George Miller dikabarkan akan diumumkan pertengahan April nanti.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News