1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Sekar Sari: Transformasi Jadi Siti Sangat Susah

Mia Vita Della | 25 November 2015 23:00
Copyright: sekarsha/facebook
Sekar Sari adalah pemeran utama karakter Siti dalam film Siti garapan Eddie Cahyono yang memenangkan Piala Citra FFI 2015.

Muvila.com – Siti bukanlah perempuan biasa. Dalam film garapan Eddie Cahyono ini, Siti adalah sosok ibu muda nan tangguh yang menjadi tulang punggung keluarganya di tengah himpitan sulitnya ekonomi. Suaminya, Bagus (Ibnu Widodo), menderita kelumpuhan setelah kecelakaan saat melaut, sehingga tak mampu lagi menafkahi Siti dan anaknya, Bagas (Bintang Timur Widodo). Maka, Siti bekerja keras mengurus suami dan anaknya sembari mencari nafkah. Karakter perempuan tangguh dalam film Siti ini dihidupkan oleh Sekar Sari.

Saking suksesnya, performa akting Sekar berhasil menuai pujian dari banyak penonton dan diganjar penghargaan Best Performance dalam Singapore International Film Festival ke-25 pada Desember tahun lalu. Sekar Sari sendiri mengaku tidak menyangka bahwa dirinya bakal terlibat dalam film Siti ini, sebab pada awalnya ia tidak lolos casting untuk menjadi pemain utama.

Menurut penuturan sutradara Eddie Cahyono, tadinya Sekar hanya dijadikan pilihan kedua saat casting. Namun, dua minggu sebelum syuting, aktris yang sudah terpilih sebagai pemeran Siti tiba-tiba mengundurkan diri karena tak diizinkan oleh orangtuanya untuk berakting dalam film ini. Akhirnya, terpilihlah Sekar Sari.

"Karena waktu makin mepet, akhirnya saya memilih Sekar karena dia pilihan kedua dalam hasil akhir proses casting," ujar Eddie di depan para penonton yang mengikuti sesi tanya-jawab selepas pemutaran Siti dalam acara Film Musik Makan pada Sabtu, 21 Maret lalu di GoetheHaus, Jakarta.

Bagi Sekar, memerankan sosok Siti bukanlah sesuatu hal yang mudah. Terlebih lagi, karakter Siti bertolak belakang dari kesehariannya. Ada banyak hal yang menjadi hambatannya saat pertama kali mendalami karakter perempuan yang tertekan dengan kehidupannya. Apalagi, Siti bukan hanya berperan sebagai tulang punggung keluarga tapi juga mengurus keluarganya.

“Ada banyak hal dari sosok Siti yang saya sama sekali tidak pernah punya pengalaman sama sekali sebelumnya, bahkan sangat bertolak belakang dengan keseharian saya. Transformasi menjadi sosok Siti sangat susah awalnya. Misal, saya belum pernah berkeluarga dan punya anak. Saya juga terbiasa dengan tari klasik, ketika itu lantas harus belajar joged dangdut dengan menggoda. Juga sejumlah adegan lainnya benar-benar pengalaman baru buat saya,” jelas Sekar, seperti lansir Lampost.co

Meski awalnya tidak percaya diri, Sekar merasa mantap memerankan sosok Siti setelah melakukan riset peran. "Ada waktu ekstra untuk mengeksplorasi peran, sehingga observasi ke Pantai Parangtritis. Melihat bagaimana para penjaja peyek jingking berjualan. Selain ngobrol, juga diberi kesempatan berjualan langsung,” kenangnya. 

Sementara itu, untuk logat dan bahasa Jawa yang dipakai dalam dialog film Siti, Sekar tidak terlalu mendapatkan kesulitan. Sebab, ia sendiri memang berasal dari Yogyakarta, sehingga sudah terbiasa menggunakan bahasa Jawa.

Segala upaya yang dikerahkan oleh Sekar untuk film ini benar-benar membuahkan hasil yang memuaskan. Melalui gambar hitam-putih, akting Sekar pun menjadi salah satu alasan Chinese Shadows, perusahaan produksi dan penjualan film dari Hong Kong, untuk membeli hak edar film Siti.

"Saya jatuh cinta sejak 10 menit pertama film ini. Filmnya sangat indah dengan gambarnya yang black and white, touching, ceritanya universal, akting pemeran utamanya yang bagus," ujar Isabelle Glachant dari Chinese Shadows pada Maret lalu.

Tak hanya itu, film yang diproduseri oleh Ifa Isfansyah (Garuda Di Dadaku, Sang Penari, Pendekar Tongkat Emas) ini juga telah berkeliling di sejumlah festival film internasional. Setelah pulang kampung, Siti pun berhasil menjadi jawara di negaranya sendiri. Film bikinan rumah produksi Fourcolours Films ini mendapatkan penghargaan Film Terbaik di Festival Film Indonesia (FFI) 2015

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News