1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Tak Hanya Film, Teknologi Motion Capture Juga Dipakai Kedokteran

Muhammad Rizal Fikri | 21 Januari 2016 19:00
Teknologi motion capture yang lebih banyak berguna untuk film-film fantasi, kini juga bisa bermanfaat untuk dunia kedokteran.

Muvila.com – Teknologi motion capture sebenarnya bisa diterapkan di berbagai bidang kehidupan, tetapi dalam perkembangannya, industri hiburan lah yang lebih sering menggunakannya. Dalam industri film, teknologi motion capture misalnya dipakai untuk menciptakan wujud fisik tokoh Maz Kanata (Lupita Nyong'o) dalam film Star Wars: The Force Awakens, atau karakter Caesar (Andy Serkis) dalam franchise film Planet of the Apes.

Teknologi motion capture ini merupakan proses merekam gerakan objek tertentu atau manusia, yang kemudian dijadikan sumber data untuk melahirkan karakter animasi. Namun, baru-baru ini, bidang kedokteran berhasil memaksimalkan fungsi teknologi motion capture untuk menangani kasus kesehatan yang terjadi pada Rachael.

Anak perempuan berusia 8 tahun ini menderita cerebral palsy (kondisi otak yang tak normal sehingga memengaruhi kemampuan mengontrol otot-otot). Akibatnya, Rachael sulit berjalan. Teknologi motion capture pun diterapkan kepadanya dengan merekam gerakan Rachael untuk memeriksa posisi jalan yang mampu dilakukannya.

“Kami di sini untuk memeriksa bagaimana posisi berjalan yang bisa dilakukan Rachael. Ini juga dilakukan untuk memastikan pin-pin alat bantu berjalan benar-benar berfungsi,” ujar Alison Dewdney, ibunda Rachael.

Dengan sensor-sensor yang dipasang di beberapa bagian tubuh Rachael, teknologi motion capture akan merekam data-data yang dibutuhkan para dokter, seperti pola posisi tulang kaki Rachael saat berjalan. Dari situ akan bisa diteliti bagian mana yang bisa diberi bantuan lain agar lebih memudahkan Rachael untuk berjalan.

Dengan perkembangan teknologi motion capture di ranah hiburan, pemakaiannya pun menjadi lebih murah dan bisa dijangkau banyak bidang lain. Penggunaannya untuk memeriksa kondisi kesehatan Rachael adalah salah satu bukti manfaat lain teknologi motion capture. Diharapkan kelak perkembangan teknologi ini bisa digunakan untuk ranah yang lebih luas dan lebih beragam.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News