1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

The Conjuring 2: Setan yang Lebih Kuat dan Seram

Angga Rulianto | 7 Juni 2016 17:30
Copyright: Warner Bros. Pictures
Sutradara James Wan mengambil referensi dari film horor lain yang minim menggunakan efek visual.

Muvila.com – Pendapatan box office secara global sebesar 318 juta dolar AS yang diraih The Conjuring (2013) jelas bukan prestasi biasa. Apalagi, bujet produksinya hanya 20 juta dolar AS. Kesuksesan The Conjuring bukan cuma di segi finansial, tapi juga secara fungsi. Sebab, sebagai film horor, film arahan James Wan ini dianggap terlalu seram, sampai-sampai MPAA (Motion Picture Association of America) memberi rating R (Restricted).

Didorong oleh kesuksesan film pertamanya, kini akan hadir The Conjuring 2 yang masih disutradarai James Wan. Mengutip Daily Mail, Wan mengaku gugup ketika menyutradarai The Conjuring 2, apalagi mengingat film pertamanya sukses besar.

“Pasti, saya ingin sesuatu yang baru di sekuel ini, dan bebannya besar sekali. Harapan orang-orang pasti ingin sekuel itu lebih besar dan lebih baik dari film pertamanya. Dalam The Conjuring 2, selain ceritanya yang seram, saya fokus ke karakternya. Dengan menampilkan karakter yang sama, orang-orang akan suka, karena sebelumnya mereka sudah mengalami involvement dengan karakter itu,” jelas James Wan.

ED & LORRAINE WARREN USIR SETAN DI INGGRIS

Seperti kisah film pertamanya, pasangan suami-istri yang berprofesi sebagai paranormal, Ed dan Lorraine Warren (diperankan oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga), kembali harus mengusir kekuatan jahat yang menguasai rumah seseorang. Kali ini bukan di Amerika, tapi di Inggris.

Ed dan Lorraine Warren sebenarnya hampir pensiun sebagai paranormal karena hendak hidup yang tenteram bersama anak semata wayangnya. Namun, niat pensiun itu disimpan lagi setelah menerima laporan dari Peggy Hodgson yang anaknya berusia 11 tahun, Janet, dirasuki oleh makhluk halus di rumahnya. Peristiwa-peristiwa aneh dan menyeramkan memang telah mengusik kehidupan Peggy yang single mother dan keempat anaknya: Janet, Margaret, Billy, dan Johnny.

Peristiwa kerasukan setan yang dialami keluarga Hodgson ini merupakan salah satu kasus terseram pada tahun 1977 hingga 1979 yang pernah terjadi di Enfield, pinggiran kota London, Inggris. Makhluk halus itu merupakan arwah Bill Wilkins, seorang kakek yang mengancam akan membunuh keluarga Hodgson, dan menginginkan mereka angkat kaki dari rumah itu. Dulunya, Wilkins menempati rumah tersebut, tapi lalu meninggal secara misterius di kursi ruang tamu.

Kasus supernatural yang menimpa keluarga Hodgson ini bukan yang pertama. Sebelumnya, gereja Katolik yang mengutus Ed dan Lorraine telah menerima laporan serupa di Enfield. Namun, Ed dan Lorraine meyakini kasus yang dialami Janet bukanlah rekayasa. Mereka yakin, Janet benar-benar membutuhkan pertolongan.

Arwah Bill Wilkins ternyata bukanlah musuh besar Ed dan Lorraine. Yang merasuki Janet aslinya adalah setan dengan kekuatan dahsyat dan lebih menakutkan dari arwah Bill Wilkins. Ia bahkan mengendalikan arwah Wilkins. Pada akhirnya, setan ini bukan hanya mengancam nyawa keluarga Hodgson, tapi juga mengancam nyawa Ed dan Lorraine.

KEKUATAN SUARA MENCEKAM

James Wan pun menyatakan tidak akan melunturkan hubungan interpersonal Ed dan Lorraine Warren dalam film The Conjuring 2 ini. Wan justru ingin menekankan hubungan mereka dan menampilkan konflik batin pasangan suami-istri ini, karena harus memilih antara menggeluti dunia paranormal atau pensiun dan hidup tenteram.

“Saya ingin memusatkan cerita kepada Ed dan Lorraine itu sendiri. Ini bisa jadi kekuatan dalam storytelling film. Saya yakin betul bahwa penonton peduli pada mereka, maka dari itu saya tidak ingin menghilangkan cerita mereka,” kata sutradara kelahiran Malaysia pada 39 tahun lalu ini.

Untuk lebih menghidupkan suasana mencekam dalam film The Conjuring 2, James Wan mengambil referensi dari film horor lain yang minim menggunakan efek visual, tapi mampu menghadirkan kekuatan suara yang mencekam. “Film referensi saya adalah The Blair Witch Project dan Paranormal Activity, di mana kedua film itu lebih mengandalkan kekuatan suara yang atmosfer tegangnya lebih hidup,” ungkapnya.

Film The Conjuring 2 akan dirilis di bioskop pada 10 Juni 2016. Intip keseraman kekuatan jahat supernatural yang mengganggu keluarga Hodgson lewat trailer berikut ini.

 

Penulis: Bardjan T

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News