1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Pasca Dipuji di Cannes, The Handmaiden Gebrak Box Office Korea

Mia Vita Della | 3 Juni 2016 16:30
Selain mengangkat isu LGBT, film berlabel 19 tahun ke atas ini ternyata mampu memikat ratusan penonton di hari pertama.

Muvila.com – Setelah mendapat standing ovation di Festival Film Cannes ke-69, banyak orang yang jadi penasaran pada The Handmaiden saat diputar perdana pada 1 Juni lalu. Sehingga, film garapan Park Chan-wook itu pun berhasil mematahkan rekor jumlah penonton terbanyak untuk kategori film dewasa pada tahun ini.

The Handmaiden yang dibintangi Ha Jung-woo dan Cho Jin-woong ini menarik 286.496 penonton pada Rabu kemarin. Ia berhasil merebut perhatian penonton dari film X- Men: Apocalypse dan The Wailing, yang secara berurutan hanya mendapatkan 62 ribu penonton dan 45 ribu penonton.

Dengan jumlah penonton sebesar itu, mengutip Korea Herald, The Handmaiden sukses mengalahkan rekor penjualan film Korea berlabel 19 tahun di tahun-tahun sebelumnya. Inside Men, yang dibintangi Lee Byung Hyun, hanya mampu menjual 231 ribu tiket pada hari pertama. Sementara The Man From Nowhere menjual 130 ribu tiket dan The New World menjual 169 ribu tiket.

Sayangnya, The Handmaiden belum mampu mengungguli perolehan film Hwayi: A Monster Boy. Film thriller keluaran tahun 2013 itu mencapai rekor penjualan 360 ribu tiket di hari pertamanya.

Meski begitu, prestasi The Handmaiden sudah cukup berarti untuk film yang mengangkat tema LGBT ini. Malahan, larisnya film ini melebihi karya Park Chan-wook sebelumnya. Lady Vengeance, misalnya, yang hanya mendapatkan 206 ribu penonton.

Terinspirasi dari novel Inggris berjudul Fingersmith, film The Handmaiden mengisahkan seorang gadis yatim piatu (Kim Tae-ri) yang direkrut oleh seorang laki-laki (Ha Jung-woon) untuk memenangkan kepercayaan seorang wanita kaya raya (Kim Min-hee) demi mengeruk kekayaannya. Namun, mereka malah jatuh cinta.

Hak edar film berlatar masa kolonial Jepang ini telah laku terjual ke 175 negara. Ini artinya, The Handmaiden menjadi film Korea Selatan yang paling diminati oleh distributor film dunia.

"Kami tengah mendapatkan jumlah permintaan yang membeludak dari pembeli luar negeri bersamaan dengan penayangan The Handmaiden di Cannes," kata Wakil Direktur Eksekutif CJ Entertainment International Kini Kim tempo lalu. 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News