1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

The Revenant Rebut Gelar Sinematografi Terbaik di ASC Awards

Mahardi Eka | 16 Februari 2016 11:30
Lewat The Revenant, sinematografer Emmanuel Lubezki raih ASC Award tiga tahun berturut-turut.

Muvila.com – Kekuatan sinematografi atau tata kamera film The Revenant kembali membuahkan penghargaan. Asosiasi profesi sinematografer Amerika Serikat, American Society of Cinematographers (ASC) pada 14 Februari kemarin mengganjar tertinggi ASC Award kategori Outstanding Achievement in Cinematography in a Theatrical Release (pencapaian sinematografi film bioskop) untuk sinematografer Emmanuel Lubezki, atas karyanya di film yang dibintangi Leonardo DiCaprio tersebut. Kemenangan di ASC Awards ke-30 ini tercatat sebagai yang keempat sepanjang karier sinematografer asal Meksiko tersebut.

Sebelumnya, Lubezki pernah meraih ASC Award untuk film The Tree of Life di tahun 2012, dan berturut-turut ia menang lewat film Gravity di tahun 2014 dan Birdman di tahun 2015. Artinya, penghargaan untuk The Revenant menjadi kemenangan Lubezki tiga tahun berturut-turut di ASC Awards, dan yang kedua kali berturut-turut untuk film garapan sutradara Alejandro González Iñárritu setelah Birdman. Bisa dibilang bahwa kerja keras Lubezki dan timnya dalam merekam gambar di alam terbuka bersalju tanpa menggunakan lampu tambahan—hanya andalkan matahari atau api—untuk film The Revenant tak sia-sia.

Di tahun ini, Lubezki berhasil mengungguli para pesaingnya yang terbilang lebih senior, yaitu John Seale untuk Mad Max: Fury Road, Roger Deakins untuk Sicario, Ed Lachman untuk Carol, dan Janusz Kaminski untuk Bridge of Spies. Kecuali judul terakhir, film-film ini merupakan juga pesaing The Revenant di Piala Oscar kategori Best Cinematography, yang pemenangnya baru akan diketahui pada 28 Februari mendatang.

Prestasi The Revenant di ASC Awards kali ini kemungkinan jadi pertanda kemenangannya di Piala Oscar nanti, sebagaimana juga terjadi dalam dua tahun sebelumnya saat Lubezki berhasil raih Oscar untuk Gravity dan Birdman. Akan tetapi, mengingat irisan anggota ASC dan Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) tidak tergolong besar, kemungkinan lain tetap masih bisa terjadi.

Selain piala yang diraih Lubezki dan The Revenant, ASC Awards juga memberikan penghargaan bagi sinematografi dalam film yang baru beredar di festival atau pemutaran terbatas, yaitu Spotlight Award. Tahun ini, kategori Spotlight dimenangkan secara seri oleh dua pemenang, yaitu Adam Arkapaw untuk Macbeth dan Mátyás Erdély untuk Son of Saul.

Berikut adalah daftar penerima penghargaan di ASC Awards ke-30:

Outstanding  Achievement in Cinematography in a Theatrical Release: The Revenant, Emmanuel Lubezki

Outstanding  Achievement in Cinematography in a Television Movie, Miniseries, or Pilot: Casanova "Pilot", Pierre Gill

Outstanding  Achievement in Cinematography in a Television Series: Marco Polo eps. "The Fourth Step", Vanja ńĆernjul

Spotlight Award (tie): Macbeth, Adam Arkapaw & Son of Saul, Mátyás Erdély

Lifetime Achievement Award: John Toll

Board of Governors Award: Ridley Scott

Career Achievement in Television Award: Lowell Peterson

President Award: Bill Bennett

Foto: TheASC.com

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News