1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Tonton Trailer Film Klasik Tiga Dara Setelah Restorasi

Reino Ezra | 22 Juni 2016 19:00
Hasil restorasi Tiga Dara akan diputar di bioskop Indonesia bulan Agustus.

Muvila.com – Sebagaimana diberitakan pekan lalu, film musikal Indonesia klasik Tiga Dara (1956) karya Usmar Ismail telah selesai direstorasi, dan siap dipertontonkan lagi di hadapan publik mulai 11 Agustus mendatang di bioskop. Pihak SA Films selaku distributor pun pekan ini meluncurkan trailer terbaru dari Tiga Dara, yang menunjukkan secuplik hasil restorasi yang telah dilakukan terhadap film yang dibintangi Mieke Widjaya, Chitra Dewi, dan Indriati Iskak ini.

Berhubung film produksi Perfini ini dikenal dengan format musikal, trailer Tiga Dara hasil restorasi ini menonjolkan berbagai adegan bernyanyi dan menari dari filmnya, selain menyiratkan jalan cerita tentang tiga wanita bersaudara dengan persoalan cinta. Trailer ini sekaligus menunjukkan hasil restorasi yang mengembalikan kualitas gambar dan suaranya seperti baru.

Uniknya, trailer ini dibuat mengikuti gaya trailer film era 1950-an. Ini terlihat dari penggunaan tipogafi dan penulisan kalimat keterangannya, sebelum akhirnya ditutup dengan keterangan baru tentang restorasi film ini.



Tiga Dara berkisah tentang tiga gadis bersaudara yang dihadapkan pada sebuah pilihan penting. Nenek mereka berusaha mencarikan jodoh bagi si sulung, namun calon jodoh terkuat justru jadi rebutan saudarinya yang lain. Film ini juga turut dibintangi Fifi Young, Rendra Karno, Bambang Irawan, dan Hassan Sanusi.

Berdasarkan keterangan di media sosial resmi SA Films, restorasi film Tiga Dara dilakukan di laboratorium L'Immagine Ritrovata, Bologna, Italia dan PT. Render Digital Indonesia. Proses restorasi ini mencakup perbaikan kondisi fisik filmnya, dan remastering secara digital. Proses ini pun menghasilkan Tiga Dara dalam resolusi gambar HD (high definition), 2K, dan 4K, membuat Tiga Dara jadi film Indonesia pertama yang direstorasi dan di-remaster dalam 4K.

Pemutaran hasil restorasi Tiga Dara juga berbarengan dengan akan dirilisnya film Ini Kisah Tiga Dara, film musikal baru garapan Nia Dinata yang terinspirasi Tiga Dara. Film tersebut diproduksi oleh SA Films bersama Kalyana Shira Films, dan rencananya akan dirilis bulan September.

Lihat trailer Tiga Dara versi restorasi di bawah ini.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News