1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

XXI Short Film Festival 2014 Jaring Filmmaker Masa Depan

Reino Ezra | 18 Desember 2013 10:00
Tahun kedua XXI Short Film Festival akan banyak melibatkan pelaku perfilman Indonesia yang memberikan binaan pada filmmaker pemula.

Melalui proses itulah, diharapkan akan terlihat bakat-bakat muda yang dapat diajak terjun langsung ke perfilman Indonesia secara profesional.

“Karena salah satu kelemahan dari perfilman kita adalah orang-orang yang berbakat tidak gampang masuk ke industri film, karena tidak ada sistem talent scouting...(festival) ini adalah salah satu cara agar orang-orang yang punya bakat muncul ke permukaan,” ungkap sutradara dan penulis film Indonesia, Joko Anwar sebagai salah satu wakil dari Indonesian Film Directors Club (IFDC) yang turut bergabung di XXI Short Film Festival tahun ini.

Penulis dan sutradara Joko Anwar kembali bergabung dengan XXI Short Film Festival bersama Indonesian Film Directors Club (IFDC). (sumber foto: ifdclub.org)

Sedangkan untuk kompetisinya, tahun ini XXI Short Film Festival telah menerima sebanyak 423 film peserta sejak pendaftaraan dibuka bulan Agustus lalu. Di antaranya ada 302 film fiksi naratif, 29 film animasi, 93 film dokumenter. Film-film ini nantinya akan diseleksi oleh panitia hingga ditemukan film-film finalis yang akan diputar dan berkompetisi selama festival.

Beberapa film peserta juga adalah hasil dari roadshow yang diadakan oleh XXI Short Film Festival 2013 di 11 kota selama bulan Oktober yang lalu. Selain memutarkan film-film pendek pemenang XXI Short Film Festival 2013 dan diskusi bersama filmmaker-nya, program roadshow ini juga sekaligus sebagai scouting bakat-bakat dari daerah serta mengajak mereka mengirimkan karya film pendeknya ke XXI Short Film Festival 2014.

 

--Film pemenang XXI Short Film Festival akan ditayangkan reguler di bioskop-bioskop 21/XXI. Detailnya ada di halaman tiga.--

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News