1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. REVIEW FILM

Red Sparrow, Dari Balerina Menjadi Mata-Mata

Tim Editor | 21 Maret 2018 08:00
Copyright: © variety
Tak ada pilihan lain yang bisa diambil Dominika, lantaran pamannya telah membantu membiayai pengobatan ibunya.

Muvila.com – Penulis: Iwan Tantomi

Menjadi ballerina, boleh dibilang menjadi impian kebanyakan anak perempuan. Hal itu pun bakal teramat spesial, mimpi tersebut berubah menjadi kenyataan. Setidaknya pancaran kegembiraan tersebut tampak pada Dominika Egorova (Jennifer Lawrence). Ia bahkan mampu menarik di Bolshoi, sebuah teater terkenal di Rusia, hingga membuat Dominika mampu membiayai pengobatan ibunya. Dari upahnya sebagai ballerina Dominika sanggup membeli apartemen.

Naas, karir manis Dominika terhenti, saat ia kecelakaan dalam sebuah pertunjukan. Akibat tragedi tersebut, Dominika tak bisa lagi menari balet. Ia mulai bingung memikirkan biaya pengobatan ibunya, juga apartemen yang juga akan turut disita.

© IndiWire

Melihat penderitaan yang dialami Dominika, pamannya yang diperankan Matthias Schoenaerts, meminta Dominika menjadi sparrow atau agen mata-mata untuk pemerintah Rusia. Namun, Dominika perlu mengikuti sekolah khusus sparrow. Tak ada pilihan lain yang bisa diambil Dominika, lantaran pamannya telah membantu membiayai pengobatan ibunya, juga menawarkan tempat tinggal.

Di luar dugaan, sparrow ternyata bukan agen mata-mata biasa. Selain kecerdasan, sparrow juga perlu menaklukkan lawan jenisnya dengan keseksian tubuh dan kecantikan wajah. Terlebih bagi Rusia, tubuh sparrow adalah milik pemerintah, jadi mau tak mau sparrow perlu mengikuti perintah tanpa terkecuali.

© avclub

Aksi Dominika sebagai sparrow pun dimulai dengan mengungkap jati diri Marble, seseorang yang diduga penyusup di Rusia. Adegan pun berlanjut dengan plot twist tak terduga. Sutradara Francis Lawrence, yang juga menyutradarai trilogy Hunger Games, menyematkan banyak adegan sadis juga kekerasan seksual. Sekalipun film berkisah tentang Rusia dan segala aktivitas intelejennya, tetapi pemeran utama, yaitu JLaw justru tak terlihat sepenuhnya sebagai orang Rusia.

Meski begitu, peraih Best Actress Academy Awards untuk perannya dalam film Silver Linings Playbook tersebut mampu memerankan sosok Dominika Egorova dengan sangat baik. Bahkan, jika dibandingkan dengan karakter utama dalam novel yang juga berjudul sama dengan filmnya, Red Sparrow, JLaw sanggup memenuhi ekspektasi penikmat film thriller. Sebab, tidaklah mudah memainkan dua karakter berseberangan dalam satu film. Namun, sekali lagi Jennifer Lawrence mampu mengeksekusi karakternya dari ballerina anggun menjadi mata-mata Rusia paling disegani.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News