1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. REVIEW FILM

The Greatest Showman, Sisi Lain Hugh Jackman di Bidang Teater

Tim Editor | 17 Januari 2018 07:00
Copyright: © vogue
Barnum dikenal sebagai sosok yang kontroversial, dan kian keren karena diperankan oleh Hugh Jackman.

Muvila.com – Penulis: Iwan Tantomi

Kapan terakhir kali kamu menonton sirkus? Di dunia internasional, agaknya sirkus masih menjadi salah satu pertunjukan menghibur. Panggung berupa tenda raksasa, dengan beragam atraksi selalu menarik untuk dinanti. Nah, di balik itu semua ada sosok yang menahkodai bisnis tersebut. Salah satunya adalah PT Barnum.

Mungkin kamu kurang begitu familiar dengan namanya, tetapi lewat film The Greatest Showman, sirkus berbalut drama musikal ini ditampilkan di layar lebar. Barnum dikenal sebagai sosok yang kontroversial, dan kian keren karena diperankan oleh Hugh Jackman.

Film The Greatest Showman sendiri berkisah tentang perjalanan kehidupan Barnum sewaktu muda. Di abad ke-19 ia dikisahkan sebagai anak tukang jahit yang miskin. Tak sekali ia direndahkan orang kaya di kotanya.

© indiewire

Di tahapan berikutnya, Barnum dikisahkan menyukai Charity, seorang anak kaya yang diperankan oleh Michelle Williams. Ia pun berhasil menikahi Charity, hingga hiudp makmur di kota serta punya dua orang anak.

Hanya nasibnya mujurnya tak berlangsung lama. Perusahaan tempatnya bekerja dilanda pailit, tetapi dengan sifat liciknya ia justru mendapatkan ide membuka bisnis pertunjukan lewat pinjaman bank. Ia kumpulkan orang-orang berfisik aneh, seperti bertubuh kerdil, perempuan berjenggot, juga pemain trapeze yang berkulit hitam di mana pemerannya adalah Zendaya.

Siapa sangka bisnis Barnum berkembang. Ia pun menggaet rekanan Philip Carlyle yang diperankan Zac Efron. Sampai di sini, bintang baru muncul yang diperankan oleh Rebecca Ferguson. Seorang Swedish Nightingle cantik bersuara merdu, Jenny Lind. Hanya masyarakat mulai melakukan penentangan, lantaran bisnis Barnum dianggap tak lebih dari sekadar pertunjukan orang-orang aneh.

© gotceleb

Dalam catatan sejarah sendiri, PT Barnum dicap sebagai pembohong terbesar sepanjang sejarah. Hal itu pun disampaikan National Geographic dari temuan yang ada. Misalnya bagaimana Barnum pernah mengenalkan perempuan tua berusia 160 tahun sebagai asisten George Washington. Padahal, perempuan tersebut berusia sekitar 80 tahun. Ia juga dikenal suka mengeksplotasi pekerjanya.

Anehnya, fakta tersebut seolah tak ditampilkan dalam film. Barnum nyaris digambarkan sebagai sosok yang positif. Apalagi lirik lagu dari film ini ditulis langsung oleh Benj Pasek dan Justin Paul yang tak lain penulis lirik lagu di film La La Land. Jadi, tak ada salahnya bukan untuk menonton aksi teatrikal Jackman di bioskop?

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News