MUVILA | Movie, TV & Entertainment Guide

Member Login

Login With Facebook

Register New Account

Join Muvila today to get these awesome benefits!

  • Social Feature
  • Exclusive Film Tickets / Pass
  • Another Benefit Here

Register With Facebook

XXI Short Film Festival 2014 Jaring Filmmaker Masa Depan

Reportage by Reino Ezra on 18 Desember 2013
XXI Short Film Festival 2014 Jaring Filmmaker Masa Depan

Tahun kedua XXI Short Film Festival akan banyak melibatkan pelaku perfilman Indonesia yang memberikan binaan pada filmmaker pemula.

XXI Short Film Festival pertama kali diadakan pada bulan Maret 2013, dan menjadi salah satu festival film pendek terbesar di Indonesia dengan jumlah peserta lebih dari 700 film pendek. Pemenang kompetisi festival ini terdiri dari kategori film fiksi naratif, film dokumenter, dan film animasi. Tak hanya gelar terbaik berdasarkan penilaian juri, ada juga pemenang pilihan media serta favorit penonton.

Pada pergelaran pertama ini, film pendek Wan An karya Yandy Laurens meraih tiga gelar sebagai Film Fiksi Naratif Terbaik, Film Fiksi Naratif Pilihan Media, dan Film Pendek Favorit Pilihan Penonton. Saat ini Yandy Laurens pun berhasil dilirik rumah produksi Lifelike Pictures (Pintu Terlarang, Modus Anomali) untuk membuat film pendek selanjutnya. Cuplikan Wan An bisa disaksikan di bawah ini.

Wan An bersama film pendek pemenang kompetisi lainnya, seperti Keripik Sukun Mbok Darmi (Film Animasi Pendek Terbaik), Jadi Jagoan ala Ahok (Film Dokumenter Pendek Terbaik), Moriendo (Film Animasi Pendek Pilihan Media), Honey I’m Home (Film Dokumenter Pendek Pilihan Media), serta Salah Gaul (Special Mention Film Pendek Dokumenter pilihan Juri Official) telah ditayangkan di bioskop-bioskop 21/XXI beberapa kota dalam bentuk kompilasi film pendek. Rencananya juga film-film ini akan dirilis dalam bentuk DVD.

Hal yang sama juga akan diterapkan kepada pemenang kompetisi XXI Short Film Festival 2014. Selain mendapat hadiah uang tunai dan program beasiswa, serta filmnya akan diputar reguler di bioskop-bioskop 21/XXI berbagai kota.

Untuk film-film pendek finalis kompetisi sekaligus juga finalis pitching proyek film hasil dari workshop akan diumumkan Februari 2014. Untuk informasi lengkapnya, bisa dilihat di website resminya.

 

COMMENTS

Get Connected