1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Gara-gara Busana Renang, iNews TV Diperingati KPI

Angga Rulianto | 14 April 2015 16:00
Asia's Next Top Model Season 3 episode pertama yang tayang di iNews TV menampilkan pemotretan dengan busana renang, dan KPI menilai ada pelanggaran.

Muvila.com – Sehari sebelum Sindo TV resmi berubah menjadi iNews TV, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menemukan pelanggaran pada stasiun televisi milik MNC Group itu. Menurut KPI, program siaran Asia's Next Top Model Season 3 yang tayang di stasiun televisi itu pada Minggu, 5 April 2015 pukul 22.18 WIB telah melanggar pelanggaran Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) KPI tahun 2012.

Lembaga pengawas itu pun mengirimkan surat peringatan pada Jumat, 10 April lalu. "Program tersebut menampilkan adegan para model yang melakukan pemotretan mengenakan busana renang. Walaupun sudah dilakukan penyamaran pada gambar, namun penyamaran yang dilakukan tidak maksimal," begitu bunyi surat peringatan dari Komisi Penyiaran Indonesia Pusat.

Dalam peringatannya, KPI mengingatkan bahwa program siaran dengan muatan konten dewasa baru dapat tayang dalam rentang waktu pukul 22.00 hingga 03.00 waktu setempat. Namun penayangan tetap harus memenuhi kepatutan supaya tidak bertentangan dengan norma masyarakat. KPI Pusat sendiri menilai tayangan Asia's Next Top Model tersebut tidak sesuai dengan norma kesopanan dan kesusilaan, perlindungan remaja, serta pelarangan adegan seksualitas.



"KPI Pusat memutuskan untuk memberi peringatan agar saudara melakukan evaluasi internal dengan tidak lagi menayangkan adegan serupa baik di program yang sama maupun program lainnya. Saudara wajib menjadikan P3 dan SPS KPI Tahun 2012 sebagai acuan utama dalam penayangan sebuah program siaran," tulis KPI dalam surat peringatannya.

Pada season ketiganya ini, Asia’s Next Top Model mulai tayang pada 25 Maret 2015 di saluran Star World Asia. Kompetisi modeling ini diikuti oleh 15 finalis dari sembilan negara Asia, yaitu Indonesia, Hong Kong, India, Singapura, Vietnam, Thailand, Filipina, Malaysia, dan Jepang.

Indonesia sendiri diwakili oleh tiga model profesional, yaitu Tahlia Prakerti Raji (18 tahun), Rani Ramadhany Faisal (20 tahun), dan Ayu Lestari Putri Gani (23 tahun). Adapun di Indonesia, Asia's Next Top Model Season 3 episode pertama baru tayang di iNews TV pada Minggu, 5 April lalu.

Sebagai stasiun televisi berita baru, iNews TV diluncurkan oleh MNC Group pada Senin, 6 April pekan lalu. "iNews TV diharapkan menjadi referensi utama bagi pemirsa yang memerlukan informasi dan berita. iNews TV akan menjadi televisi berita yang informatif dan inspiratif," kata CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo saat peluncuran iNews TV di Studio 9 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta.

iNews TV merupakan televisi nasional berjaringan yang memiliki jaringan televisi lokal yang disokong oleh lebih dari 40 stasiun televisi lokal yang mencakup sekitar 80 persen dari wilayah Indonesia. Porsi konten siarannya kelak sebanyak 70 persen berupa berita dan akan tayang selama 24 jam dengan menonjolkan muatan lokal daerah masing-masing dalam berbagai program siarannya.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News