1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

3 Tayangan Infotainment yang Kena Tegur KPI

Mia Vita Della | 25 Juni 2016 12:00
Menayangan adegan ciuman sampai konflik keluarga selebriti, KPI melayangkan teguran untuk tiga program infotainment ini.

1. Insert Update

Komisi Penyiaran Indonesia Pusat (KPI Pusat) melayangkan teguran tertulis pada Program Siaran Insert Update yang ditayangkan oleh stasiun Trans TV pada 9 Juni 2016 pukul 11.01 WIB.

Program tersebut menayangkan konflik rumah tangga antara Dewi Rezer dengan Marcelino. Dalam tayangan tersebut, salah satu pihak (Dewi Rezer) mengungkapkan konflik yang terjadi dengan suaminya secara detail seperti diusir dari rumah dan isu adanya orang ketiga.

KPI Pusat menilai, muatan privasi tersebut tidak layak untuk ditayangkan karena mengungkapkan aib pihak yang berkonflik dan berpotensi memberikan pengaruh buruk bagi khalayak yang menonton, khususnya anak-anak dan remaja. Jenis pelanggaran ini dikategorikan sebagai pelanggaran atas penghormatan terhadap hak privasi, perlindungan anak-anak dan remaja, serta penggolongan program siaran.

Berdasarkan Pedoman Perilaku Penyiaran (P3) dan Standar Program Siaran (SPS) Komisi Penyiaran Indonesia Tahun 2012, KPI Pusat pun memutuskan memutuskan menjatuhkan sanksi administratif Teguran Tertulis. Sebelumnya, KPI Pusat telah memberikan peringatan tertanggal 15 Januari 2016 yang berisi imbauan agar tayangan infotainment tidak lagi membahas masalah aib dan konflik keluarga.

Insert Siang

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News