1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Ketika Serial Doraemon dari Jepang Jadi Terasa Amerika

Mia Vita Della | 29 Juni 2015 17:00
Copyright: muvila
Mulai pertengahan Juni ini, tepatnya 15 Juni, Disney XD sudah menayangkan serial animasi Doraemon season kedua yang ceritanya baru dan disesuaikan dengan budaya Amerika.

Muvila.com – Kisah persahabatan antara Doraemon dan Nobita begitu populer di Asia selama 40 tahun. Bahkan, majalah Time Asia menobatkannya sebagai Asian Hero pada tahun 2012. Dalam siklus perkembangannya, Doraemon berasal dari manga ciptaan duo Fujiko Fujio (Hiroshi Fujimoto dan Abiko Motoo) pada tahun 1969.

Total cerita manga asli Doremon terkumpul sampai 1.345 seri. Dalam ceritanya, kucing robot bernama Doraemon dikirim dari abad 22 untuk membantu memperbaiki masa depan seorang anak laki-laki bernama Nobita. Setiap serinya menuturkan kisah Doraemon dan Nobita dalam menangani masalah sehari-hari dibantu gadget canggih dari kantung Doraemon.

Doraemon kemudian dibeli hak ciptanya oleh studio Tokyo Movie Shinsha untuk ditayangkan sebanyak 26 episode di Nippon Televisi pada tahun 1973. Sayangnya, saat itu Doraemon kurang begitu populer. Kemudian berpindah tangan ke studio Shin El-Animation dan ditayangkan sebanyak 1.787 episode di TV Ashashi, mulai tahun 1979 hingga Maret 2005.

Selang sebulan, TV Asashi memutuskan untuk meremajakan serial kartun Doraemon dengan mendapuk pengisi suara dan staf baru serta mengakselerasi desain karakternya. Dalam rentang waktu 42 tahun, Doraemon juga telah ditayangkan di 35 wilayah, termasuk Asia Timur.

Barulah pada tahun 2014, studio raksasa animasi Hollywood, Walt Disney Company, membeli hak tayang seri Doraemon berbahasa Inggris untuk channel Disney XD di Amerika. Season pertamanya sebanyak 26 episode telah selesai ditayangkan akhir Juli tahun lalu.

Mulai pertengahan Juni ini, tepatnya 15 Juni, Disney XD sudah menayangkan serial animasi Doraemon season kedua. Doraemon Season 2 masih bercerita seputar Doraemon, Nobita, Suneo, Gian, dan Shizuka. Tapi jalan ceritanya seperti yang dilihat di trailer lebih banyak adegan aksinya. Selain itu berdasarkan situs Anime News Network, nama karakter dan gadget akan diubah disesuaikan dengan budaya dan adat istiadat Amerika Serikat.

Nama karakter seperti Nobita berubah menjadi Noby, Gian sekarang menjadi Big G, baling-baling bambu menjadi Hopter, dan pintu ke mana saja yang bernama Dokodemo Door menjadi "Anywhere Door".

 

Selain itu, tampilan di layarnya juga diedit. Om-rice (telur dengan nasi) gambarnya diubah menjadi pancake dan sumpit yang biasanya digunakan orang Jepang untuk makan diubah menjadi sendok dan garpu. Mata uang yen diubah menjadi dolar dan buah-buahan lebih banyak sering ditampilkan untuk mempromosikan makanan sehat untuk anak-anak.

Uniknya lagi, theme song dan efek suara juga telah disesuaikan agar lebih mudah memunculkan empati bagi anak-anak Amerika. Sementara dialognya bukan hanya diterjemahkan secara harfiah, tetapi disesuaikan dengan ritme berbicara Amerika.

Untuk lebih detailnya, Muvilaz bisa saksikan episode keempatnya di Disney Channel Amerika setiap hari akhir pekan nanti. Selain cerita serial televisi yang baru, Doreamon juga meluncurkan film terbarunya setelah Stand By Me. Film bertajuk Doraemon: Nobita's no Space Heroes sebentar lagi akan ditayangkan di bioskop Indonesia pada tanggal 22 Juli mendatang.

Film tersebut akan menceritakan tentang petualangan Nobita bersama kawan-kawannya menjadi superhero sungguhan demi menyelamatkan luar angkasa sekaligus mencegah alien jahat menghancurkan bumi. Berhasilkah mereka? Tonton filmnya.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News