1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

MediaCorp dan Channel News Asia Menang Asian Television Award

Angga Rulianto | 5 Desember 2015 07:00
Salah satu orang tua Muvila, MediaCorp, dan saudara jauhnya, Channel News Asia, jadi yang terbaik di ATA 2015.
Copyright: Channel News Asia

Muvila.com – Dua jam sebelum dimulainya ajang Asian Television Award (ATA) yang sudah berusia 20 tahun ini, area di depan pintu masuk auditorium Suntec City, Singapura berubah jadi antrean panjang ratusan orang. Mereka kebanyakan berusia muda dan penggemar para selebritas asal Asia yang dijadwalkan akan hadir dalam ATA kali ini, seperti girlband Korea, Secret, penyanyi Taiwan Jeff Chang, hingga Anggun, penyanyi Indonesia yang sudah mendunia.

"ATA kali ini pertama kalinya yang dibuka untuk publik dengan cara mendapatkan tiket. Tapi tiket ATA ini tidak dijual. Publik bisa mendapatkannya dengan cara ikuti kuis maupun cara lainnya yang diberikan oleh para partner dan media partner ATA," ujar salah satu staf penyelenggara Asian Television Award 2015.

Maka, jadilah ATA yang digelar pada Kamis malam, 3 Desember 2015, menjadi perhelatan ATA paling ramai dalam sejarahnya sejak diadakan pertama kali pada tahun 1996. Ditambah dengan para undangan (nomine, selebritas, musisi, aktor-aktris, praktisi industri televisi), total penonton yang memenuhi auditorium Suntec City nyaris mencapai 3.000 orang.

Teriakan keras dari para penonton yang mengelu-elukan para idolanya pun berulang kali terdengar. Terutama ketika bintang Kpop, Secret, tampil menyanyikan dua lagunya, salah satunya adalah "I'm in Love", yang bernada upbeat sembari menari. Begitu juga ketika JTR, trio kakak-beradik berdarah Swedia yang juga menjadi penampil pada malam itu. Performa Anggun di panggung pada awal malam Asian Television Award untuk menyanyikan "Saviour" juga mendapat sambutan meriah.

Keriuhan dan antusiasme dari penonton ini membuat floor director yang menjadi komandan lapangan berbagai stasiun televisi maupun saluran streaming di internet (Astro Ria, Astro Ria HD, Bugaboo.tv, LeTV, Media Channel, Toggle dan Tonton) tambah sibuk dalam mengatur penonton. Ya, penyelenggaraannya ATA yang ke-20 ini memang spesial. Sebab, inilah pertama kalinya ATA disiarkan secara langsung di televisi, dan juga di internet, sehingga diprediksi bisa ditonton oleh lebih dari 300 juta orang di kawasan Asia.

"Masuk usia 20 tahun menjadi masa yang menarik untuk kita di Asian Television Award karena berbarengan dengan itu kami juga meningkatkan skala penghargaan ini," ujar Raymond Wong, Chairman Asian Television Award.

Ia melanjutkan ucapannya, "Asian Television Award diadakan untuk menghormati dan merayakan talenta-talenta terbaik Asia. Melalui siaran langsung dan partnership dengan lembaga penyiaran di regional, lebih banyak penonton yang bisa menikmati acara penghargaan ini dengan nyaman di rumah dan ikut ceria ketika para bintang idola mereka bersaing untuk mendapatkan penghargaan tertinggi untuk insan televisi di Asia."

Akhirnya, pada pukul 20:30 waktu setempat, deretan pemenang ATA 2015 pun menjadi lengkap, setelah sebagian pemenang sudah diumumkan pada malam sebelumnya di tempat yang sama. Dengan dipandu secara bergantiam oleh Allan Wu, Max Loong, Joey Mead King dan Stephanie Carrington, di menjelang akhir acara, ATA lalu menobatkan The Discovery Channel sebagai Cable & Satellite Channel of the Year.

Selain itu, Channel News Asia mendapat penghargaan Terrestrial Channel of the Year. Sebagai penutup ajang ATA kali ini, Discovery Networks Asia Pacific diaugerahi gelar Cable & Satellite Network of the Year dan MediaCorp sebagai Terrestrial Broadcaster of the Year. Kemenangan MediaCorp—yang pada April lalu menyuntikkan 52 persen saham kepada KapanLagi Network (KLN) yang notabene induk perusahaan Muvila—dan salah satu stasiun televisi miliknya, Channel News Asia, ini terbilang istimewa.

Soalnya, selain meraih penghargaan bergengsi, secara total MediaCorp berhasil memenangkan tujuh penghargaan (Best Social Awareness Programme, Best Documentary Programme-One-Off/Special, Best Theme Song, Best Sports Programme, Best Direction, Terrestrial Channel of the Year, dan Terrestrial Broadcaster of the Year) dari ATA 2015.

Penghargaan Terrestrial Broadcaster of the Year tahun ini juga menjadi yang ke-12 kalinya diterima MediaCorp dari ATA. Sedangkan penghargaan Terrestrial Channel of the Year adalah yang pertama kalinya diterima oleh Channel News Asia. Namun, Channel News Asia, menjadi satu-satunya saluran terestrial memenangkan penghargaan dan menjadi runner-up paling banyak dalam ajang ATA 2015.

"Terlepas dari apa pun format tayangan yang kita pakai, konten dan storytelling (menjadi bagian terpenting). Penghargaan-penghargaan ini sebenarnya membuktikan kualitas konten yang sudah diproduksi tim saya. Dan kami harus terus menjaga kualitas itu, apa pun format tayangan yang dipakai, entah itu berdurasi 7 menit, setengah jam, atau satu jam, kami harus bagus dalam storytelling dan memiliki konten memikat," ungkap Shaun Seow, CEO MediaCorp.

Siapa saja pemenang Asian Television Award (ATA) 2015, baik dari jajaran kru produksi, aktor-aktris dan lainnya? Simak daftar lengkap para pemenangnya yang dipilih oleh 60 juri dari kawasan Asia dalam halaman selanjutnya.

 

Foto: Channel News Asia & MediaCorp

Daftar Pemenang Asian Television Award 2015

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News