1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Mini Seri Roots Jadi Inspirasi Kampanye Anti-Perbudakan Modern

Muhammad Rizal Fikri | 24 Mei 2016 12:00
Copyright: History
Mini seri yang dibintangi Forest Whitaker ini bisa ditonton di saluran History mulai 31 Mei pukul 21.00 WIB.

Muvila.com – Sebuah gerakan sosial berskala internasional tentang pemberantasan perbudakan modern dilakukan melalui kerja sama saluran History, Not For Sale, dan CNN International. Terinspirasi dari miniseri tentang perbudakan berjudul Roots, kampanye ini menyebarkan isu anti-perbudakan modern di berbagai situs jual beli online populer di Asia Tenggara serta penggunaan tagar #BuyOutSlavery.

Roots sendiri merupakan mini seri yang terdiri dari empat episode. Roots diadaptasi dari novel berjudul sama karya Alex Haley yang bercerita tentang Kunta Kinte (Roman Armstorng), warga Afrika yang dijual di Amerika sebagai budak. Dengan semangat dan kegigihannya, Kunta Kinte dan keturunannya mampu terbebas dari perbudakan.

Mini seri ini dibintangi oleh nama-nama besar Hollywood, antara lain Forest Whitaker, Ana Paquin, Laurence Fishburne, dan Johatan Rhys Meyers. Roots sendiri akan tayang perdana di saluran History pada Selasa, 31 Mei pukul 21.00 WIB.

Memfokuskan pada situs-situs jual beli online, kampanye #BuyOutSlavery bertujuan untuk menegaskan kepada semua orang, khususnya para pembeli online, bahwa perbudakan modern masih ada. Mereka didorong untuk berkontribusi membebaskan budak zaman modern dengan memberikan sumbangan.

Dana dari kampanye ini nantinya akan disalurkan kepada Not For Sale, sebuah lembaga non-profit asal Amerika Serikat. Not For Sale akan berupaya untuk menyediakan tempat tinggal, pendidikan, perawatan kesehatan, pelayanan hukum, dan peluang ekonomi bagi budak-budak yang berhasil diselamatkan. Selain itu, Not For Sale juga akan melakukan pengawasan terhadap lingkungan atau masyarakat yang berpotensi menjadi sasaran perbudakan modern.

Beberapa artis dalam negeri, seperti Elvira Devina, Lukman Sardi, Melanie Subono, Wulan Guritno, Ria Irawan, Ronald Surapradja, dan Tike Priatna Kusumah telah berpartisipasi dengan kampanye ini. Selain itu, toko online Batik Fractal dan Holi Goli juga berpartisipasi dalam kampanye ini. Bagi Muvilaz yang tertarik untuk berpartisipasi dalam kampanye ini, langsung saja cek laman www.buyoutslavery.com.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News