1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Misteri Sang Outcast di Tengah Maraknya Kejadian Kerasukan Iblis

Angga Rulianto | 6 Juni 2016 17:00
Copyright: Fox
Tonton episode pertama serial horor Outcast yang dibuat kreator The Walking Dead di sini.

Muvila.com – Pada suatu malam yang sunyi di kota kecil Roma, West Virginia, Amerika Serikat, seorang bocah laki-laki dengan tubuh yang gelisah duduk di kasurnya. Joshua (Gabriel Bateman), bocah itu, menatap kecoa yang sedang merayap di dinding kamarnya. Napasnya tidak tenang. Tiba-tiba saja kening Joshua menghajar kecoa tanpa ampun. Kecoa itu langsung lumat, dan dinding kamar jadi kemerahan akibat darah. Mulut juga lidah Joshua langsung melahap sisa-sisa tubuh kecoa itu dengan ganas. 

Inilah adegan pembuka Outcast yang mengagetkan, mengerikan sekaligus langsung membuat tidak nyaman. Di awal episode perdana serial televisi anyar yang diangkat dari komik ciptaan Robert Kirkman tersebut, memang sudah ada peringatan bahwa isi tayangan Outcast yang tayang di saluran Fox ini memuat kekerasan, horor dan materi yang dapat mengganggu penonton. 

Kengerian tidak stop di situ. Joshua keluar dari kamar dan ke ruang keluarga. Dia mencari makanan yang bisa dikunyahnya. Dia memang menemukan snack, tapi kemudian dia menemukan hal lain yang dianggapnya lebih sedap untuk dilahap. Di sinilah, ibu Joshua, Besty, berteriak ketakutan melihat perilaku aneh anaknya. 

Selamat datang di alam horor terbaru kreasi Robert Kirkman, pria yang sebelumnya sudah melahirkan serial horor terkenal The Walking Dead. Kali ini, Kirkman tidak membuat para tokohnya dikepung para zombie ganas. Yang disuguhkan di Outcast bisa jadi lebih mengerikan bagi sebagian orang, karena berhubungan dengan kerasukan atau kesurupan iblis dan setan. 

Sehingga dengan begitu, seperti kata Lesley Simpson selaku Marketing Manager Fox Network Group Indonesia dalam acara pemutaran perdana episode awal Outcast pada Kamis pekan lalu di bilangan Senayan, Jakarta, kisah Outcast bisa terasa lebih dekat dengan penonton Indonesia dan Asia. 

Apalagi, kehadiran sosok gaib dan fenomena mistik, seperti kerasukan, juga kerap terjadi di tengah masyarakat Indonesia. Entah kerasukan itu terjadi di kalangan masyarakat muslim dan akhirnya terselesaikan dengan ajaran dan ritual Islam, atau terjadi di kalangan umat Kristiani.

"Outcast berkisah tentang pengusiran setan (exorcism), yang berhubungan dengan kerasukan iblis atau kekuatan jahat, tapi saya berpikir bahwa (Outcast) memiliki mitologinya sendiri. Serial ini juga memiliki sudut pandang tersendiri yang dibutuhkan materi ceritanya, dan tentu akan memberikan lebih banyak cerita berbeda dari yang penonton harapkan. Jadi saya pikir akan ada ruang untuk mengisahkan semua (cerita dan mitologi) itu," jelas Robert Kirkman, kreator dan produser eksekutif Outcast, seperti dilansir Variety.

Adam Wingard, sutradara episode pertama Outcast, mengkonfirmasi soal mitologi baru yang dibawa Kirkman dalam serial horor anyar ini. Wingard sendiri memang tidak ingin membuat film tentang praktik exorcism yang kental dengan tradisi dan ritual agama Katolik. "Jika saya membuat film tentang exorcism, ini harus menampilkan unsur yang baru, berbeda dan atraktif," ungkap sutradara yang sebelumnya menggarap The Guest dan You're Next ini, seperti dikutip fanbolt.com.

Sebagai awal cerita, praktik exorcism dalam Outcast itu diterapkan pada Joshua. Tubuh, jiwa dan pikirannya dirasuki—atau kesurupan dalam bahasa dan budaya Indonesia—oleh kekuatan jahat. Setan, iblis atau apa pun namanya itu juga pernah membuat Kyle (Patrick Fugit) dan orang-orang terdekat yang disayanginya jadi menderita, baik di masa kecilnya maupun ketika ia sudah beristrikan Allison (Kate Lyn Sheil) dan memiliki anak perempuan bernama Sarah (Julia Crockett).

Akibatnya, Kyle kena tuduhan macam-macam dari masyarakat. Ia pun memilih untuk hidup menyendiri. Ia dianggap kelas paria dan jadi orang yang terbuang di masyarakatnya. Namun, karena kejadian gaib yang menimpa Joshua, dan sebelumnya juga ternyata dialami beberapa anak dari keluarga lain di kota itu, membuat Kyle harus turun tangan bersama pendeta Anderson (Philip Glenister) sembari mencari jawaban dari misteri kenapa hidupnya selalu diganggu oleh peristiwa gaib dan fenomena mistik yang melibatkan iblis maupun setan.

"Saya menyukai karakter Kyle. Karakternya tidak banyak berekspresi dan bicara. Apa yang terjadi pada dirinya dan cara dia meresponnya kerap kali kontekstual. Dan dia juga memiliki dualisme. Dari luar, sifatnya terlihat sangat kelam dan di dalam hatinya ia terdorong oleh energi yang positif dan ingin keluar dari sifat kelamnya. Gara-gara (dualisme) itu, ia sangat, sangat frustasi dan tersiksa," ujar Patrick Fugit, yang aktingnya pernah kita lihat dalam film Almost Famous dan Gone Girl, melansir Zap2it.

Dengan kekuatan cerita berikut aktor-aktris dan para sineas di balik produksinya, serial horor Outcast menjadi program besar milik Fox. Tak tanggung-tanggung, serial yang dikembangkan dan diproduksi oleh Fox International Studios ini ditayangkan serentak dan besar-besaran pada Sabtu, 4 Juni pekan lalu pukul 9 malam di 125 negara. Di Amerika Serikat, lisensi serial berjumlah 10 episode ini dipegang oleh saluran milik Fox lainnya, Cinemax.

Bukan hanya ditayangkan di tujuh saluran yang ada di bawah naungan Fox (Fox, Fox Crime, FX, Star World, Fox Movie Premium, Fox Action Movie, dan Channel V), Outcast episode pertama juga bisa ditonton di Facebook dan berbagai Over The Top (OTT) player, yakni aplikasi atau layanan untuk mendistribusikan tayangan audiovisual lewat internet.

"Kita memang ingin dapatin as many eyesball as possible di Indonesia dan market di Asia," jelas Kautsar Ikrami, selaku Assistant Manager, Affilates Sales & Distribution Fox Network Group Indonesia.

Penasaran ingin menonton Outcast episode perdana? Muvilaz bisa masuk di laman Facebook Outcast Asia ini atau langsung menontonnya di bawah.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News