1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Pembajakan Game of Thrones Musim Keenam Merajalela

Mia Vita Della | 29 April 2016 12:30
Copyright: hbo
Australia menjadi salah satu negara dengan tingkat pembajakan tertinggi per kapita pada saat ini untuk Game of Thrones.

Muvila.com – Rekor Game of Thrones sebagai tayangan televisi yang paling banyak dibajak selama beberapa tahun terakhir masih tak tergoyahkan. Pasca 12 jam dari penayangan perdananya di HBO pada 24 April lalu, menurut analisis dari situs TorrentFreak, jumlah unduhan ilegal episode pertama Game of Thrones musim keenam mencapai 1 juta lebih.  

TorrentFreak mengambil sampel dari 10 ribu alamat situs penyedia film atau serial TV bajakan yang paling populer dalam 12 jam terakhir setelah penayangan episode perdana yang berjudul The Red Woman itu. Hasilnya, para pengunduh ilegal dari Australia ternyata paling banyak, yakni mencapai 12,5 persen.

Kemudian, India menempati peringkat kedua soal pembajakan ilegal Game of Thrones musim terbaru ini, yakni 9,7 persen. Di belakangnya, ada Inggris dan Amerika Serikat dengan persentase jumlah unduhan ilegal masing-masing sekitar 8,5 persen dan 6,9 persen.

"Data tersebut menunjukkan bahwa pembajakan Game of Thrones masih merajalela. Secara keseluruhan, Australia menjadi salah satu negara dengan tingkat pembajakan tertinggi per kapita untuk saat ini," ujar Ernesto Van der Sar, pendiri TorrentFreak, kepada CNBC melalui email. 

Van der Sar menambahkan, angka pembajakan itu bisa jadi sedikit bergeser karena adanya perbedaan waktu di dunia serta preferensi daerah. Walau besarnya pembajakan ini, jumlah penonton Game of Thrones saat ditayangkan secara legal tidak berkurang.

Pada Selasa, 26 April lalu, jaringan TV berbayar Australia Foxtel mengabarkan, episode The Red Woman menjadi tayangan TV yang paling banyak ditonton dalam sejarah Foxtel. Jumlah pemirsanya mencapai 727 ribu. Angka ini mengalahkan rekor penonton sebelumnya yang dipegang oleh tayangan Piala Dunia Rugby 2011 babak semi final antara Australia dan Selandia Baru, yakni 719 ribu penonton.

Van der Sar juga memprediksi, tingkat pembajakan Game of Thrones musim terbaru ini akan tetap tinggi. Kemungkinan besar, lanjutnya, episode terakhir Game of Thrones yang bakal menjadi puncaknya pembajakan.

"Biasanya, akhir musim yang paling menarik, dengan lebih dari 5 juta unduhan ilegal dalam seminggu. Sejak musim pertama, pembajakan Game of Thrones telah meningkat secara bertahap. Dan tidak mungkin, tren itu akan berlanjut. Akan tetapi, HBO dan mitra siarannya telah berusaha untuk menyiarkannya lebih luas secara legal, jadi kemungkinan akan berkurang," tandasnya. 

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News