1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Pemenang Oscar Mark Rylance Berjaya di BAFTA TV Awards 2016

Muhammad Rizal Fikri | 9 Mei 2016 14:00
Ada tiga serial TV yang meraih dua gelar BAFTA TV Awards.

Muvila.com – Asosiasi film dan televisi Inggris atau British Academy of Film and Television Arts (BAFTA) telah mengadakan ajang penghargaan untuk serial televisi, yakni BAFTA Television Awards, pada Minggu, 8 Mei 2016 di Royal Festival Hall, London. Dari 25 kategori nominasi, serial Wolf Hall, This Is England '90, dan Car Share masing-masing memenangkan dua kategori.

Wolf Hall, mini seri yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Hillary Mantel, meraih penghargaan Drama Terbaik. Mini seri BBC2 ini menyingkirkan serial Humans, The Last Panthers, dan No Offence. Wolf Hall juga diganjar penghargaan di kategori Leading Actor, di mana sang aktor utama, Mark Rylance, menyingkirkan aktor lain, seperti Idris Elba, Ben Whishaw, dan Stephen Graham.

Penghargaan ini menandai kedua kalinya Mark Rylance memenangkan piala BAFTA 2016. Pada April lalu, Rylance juga memenangkan Best Actor in a Supporting Role berkat aktingnya dalam film Bridge of Spies (Steven Spielberg). Pada Februari lalu, dari aktingnya dalam Bridge of Spies, Rylance juga sudah memenangkan piala Oscar dalam kategori yang sama.

Film drama tentang Inggris pada tahun 1990-an, This is England '90, juga memenangkan kategori Mini Seri Terbaik dalam BAFTA Television Awards. Terdiri dari empat episode, mini seri ini memperlihatkan perubahan besar di Inggris saat tahun 1990-an. Aktris pendukung mini seri ini, Chanel Cresswell, menjadi Best Supporting Actress di ajang penghargaan ini.

Serial televisi lain yang memenangkan lebih dari satu kategori dalam BAFTA Television Awards adalah Car Share. Serial komedi tentang kebijakan supermarket yang mengharuskan para pekerjanya berbagi tumpangan untuk menghemat tempat parkir ini memenangkan Radio Times Audience Award yang dipilih oleh publik. Peter Kay, sutradara dan aktor utama serial Car Share, juga memenangkan kategori Male Performance in a Comedy Programme.

Selain memberikan penghargaan untuk serial-serial TV produksi Inggris, BAFTA TV Awards juga memberikan satu kategori penghargaan untuk serial internasional yang tayang di Inggris. Kategori ini dimenangkan oleh Transparent, yakni serial drama keluarga yang ditayangkan oleh saluran premium Amazon Prime.

Simak pemenang lengkap BAFTA TV Awards 2016 di halaman selanjutnya.

Pemenang Lengkap BAFTA TV Awards 2016

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News