1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Popcon Asia 2014 Siap Digelar

Reino Ezra | 4 September 2014 15:30
Festival industri kreatif Popcon Asia tahun ini menambah jumlah partisipan hingga lebih dari 100 eksibitor.

Muvila.com – Pop Culture Convention Asia atau Popcon Asia bakal kembali digelar untuk ketiga kalinya. Setelah mendapat sambutan yang hangat pada dua penyelenggaraan sebelumnya, pada tahun 2014 ini Popcon Asia pun menambah ragam acara serta memperbesar jumlah partisipan yang akan unjuk hasil karya kreativitasnya dalam bidang komik, film, animasi, mainan, dan produk pop culture lainnya, bahkan mencapai lebih dari 100 eksibitor.

"Kami ingin Popcon sebagai wadah yang merangkul lebih banyak kalangan, baik umum maupun kreatif. Ajang ini bertujuan untuk meningkatkan rasa optimis bagi para pelaku industri kreatif lokal dengan memberikan apresiasi kepada mereka, sekaligus menunjukkan kepada khalayak umum bahwa industri kreatif Indonesia tidak kalah dari Jepang, Amerika, dan negara lain di dunia, " ungkap Mayumi Haryoto, Program Director Popcon Asia 2014, dalam konferensi pers di Jakarta, 3 September lalu.

Mengambil tema "Be Pop, Be You", festival yang bakal berlangsung dari 19 s.d. 21 September di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta ini memang dirancang sebagai ajang mempertemukan pembuat karya dengan para penikmatnya. Rangkaian acaranya akan meliputi pameran dan penjualan karya, arena permainan, pertunjukkan panggung, talk show, master class, dan lain-lain.

Logo dan maskot Popcon Asia 2014.

Khusus untuk tahun ini, Popcon Asia didukung oleh pusat kebudayaan dari Prancis dan Korea untuk mendatangkan produk-produk pop culture andalan dari kedua negara tersebut. Dari Prancis akan hadir Wakfu Games dan pengembang Ubisoft yang terkenal lewat game Assasin Creed-nya. Sementara dari Korea akan menghadirkan dua ikon animasi besar, Pororo dan Robocar Poli.

Gelaran Popcon Asia juga tak lengkap tanpa kehadiran para superhero buatan Indonesia. Di tahun ini pun akan hadir para superhero dari serial Satria Garuda BIMA X, komik NusantaRanger, Gatot Kaca, serta dua proyek film besar Indonesia yang bakal beredar: Pendekar Tongkat Emas produksi Miles Films dan Gundala produksi Hanung Bramantyo.

Selain itu, Popcon Asia juga akan menjadi tempat penyelenggaraan penganugerahan Kosasih Award, sebuah penghargaan yang diberikan bagi karya komik terbitan lokal terbaik setiap tahunnya. Demikian pula akan diumumkan pemenang dari Kompetisi Komik Indonesia (KKI), yang diikuti hingga 200 karya dari seluruh wilayah Indonesia.

Popcon Asia tahun ini juga pertama kalinya mengadakan sebuah kontes bertajuk Pop Babes. Seperti bisa ditebak dari judulnya, ajang ini akan memilih kaum perempuan penggemar pop culture yang nantinya akan jadi duta Popcon Asia selama satu tahun. Ajang ini juga diadakan untuk menunjukkan bahwa pop culture bukanlah milik laki-laki saja.

"Pop Babes ini bukan pemilihan ratu cosplay... kita ingin dunia geek, dunia pop culture di Indonesia nggak didominasi oleh laki-laki. Sekarang saatnya perempuan," ujar Dennis Adhiswara, aktor dan pelaku industri kreatif yang jadi salah satu juri Pop Babes di Popcon Asia 2014.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News