1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Perusahaan Produksi Tayangan American Idol Bangkrut

Mia Vita Della | 2 Mei 2016 14:00
Copyright: thesun.uk
Pihak Core Media Group mengatakan telah memiliki hutang sebanyak 398 juta dolar AS (Rp 5 triliun).

Muvila.com – Core Media Group, perusahaan yang memproduksi acara TV populer American Idol dan So You Think Can Dance, ternyata berada di ambang kebangkrutan. Perusahaan yang didirikan satu dekade lalu itu baru saja mengajukan meminta perlindungan pada pengadilan New York dari kreditur.

Dalam pengajuan dokumen kebangkrutan itu, pihak perusahaan mengatakan, memiliki hutang sebanyak 398 juta dolar AS kepada pihak ketiga. Kabar ini sungguh mengejutkan publik. Soalnya, ajang pencarian bakat menyanyi ini telah berlangsung selama 15 tahun dan menjadi program televisi nomor satu di Amerika Serikat selama delapan tahun berturut-turut.

Rata-rata penontonnya mencapai lebih dari 20 juta orang setiap musimnya mulai dari tahun 2003, berdasarkan Nielsen. Bahkan, American Idol pernah ditonton lebih dari 31 juta orang pada tahun 2006. Saking populernya, ajang tersebut sampai ditayangkan dua kali seminggu oleh stasiun televisi Fox. Berbagai negara, termasuk Indonesia, pun turut membeli hak adaptasi program ajang pencarian bakat tersebut.

Namun sayangnya, popularitasnya itu tak mampu bertahan lebih lama lagi. Ratingnya makin merosot seiring bertambahnya tahun. Program acara TV ini pun tak lagi menjadi nomor satu, sejak kalah saing dengan drama musikal Empire. Episode terakhir American Idol yang ditayangkan pada awal April lalu hanya menarik sekitar 13,3 juta penonton.

"Penurunan ekonomi secara keseluruhan dan pengumuman pembatalan penayangan American Idol 2017 di Fox berdampak negatif pada pendapatan bisnis ini," demikian bunyi isi dokumen kebangkrutan yang diajukan Core Media Group kepada pengadilan.

"Termasuk efek negatif lain, seperti penurunan biaya siaran ulang karena berkurangnya jam siaran, hilangnya Coca Cola dan AT&T sebagai sponsor utama American Idol, dan penutupan taman hiburan American Idol di Walt Disney World," tulis Core Media Group dalam dokumen tersebut, seperti dilansir The New York Times.

Pada tahun 2014, pendapatan dari penayangan American Idol menurun sekitar 15 juta dolar AS jika dibanding dengan tahun sebelumnya. Apabila dibandingkan dengan semester pertama 2014, total pendapatannya menurun jadi 35,6 juta dolar AS pada semester pertama tahun 2015. 

Namun, dalam pernyataan resmi Core Media Group, perusahaan tetap tegas berkomitmen untuk membangun sebagai perusahaan konten global dan memproduksi program yang memenangkan penghargaan. 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News