1. HOME
  2.   »  
  3. TV
  4.   »  
  5. ARTIKEL TV

Tokoh Squidward Ternyata Bukan Cumi-Cumi, Lalu Apa?

Mia Vita Della | 28 Mei 2016 15:00
Walaupun namanya Squid (artinya: cumi-cumi), namun ia bukanlah cumi-cumi.

Muvila.com – Dari beberapa karakter laut di serial televisi Spongebob Squarepants, Squidward Tentacles mampu mencuri perhatian publik. Soalnya, dengan nama Squidward Tentancles, tokoh tetangga sekaligus teman kerja Spongebob ini seharusnya adalah seekor cumi-cumi (kata 'squid' dalam bahasa Inggris berarti cumi-cumi, red).

Namun, berdasarkan pernyataan kreatornya, Stephen Hillenburg, Squidward sebenarnya adalah gurita. "Squidward adalah seekor gurita, meskipun pada faktanya dia dipanggil seekor cumi-cumi," ujar Stephen Hillenburg, seperti dilansir Wikia.

Dalam video berjudul The Case of the Sponge "Bob", Hillenburg juga sempat menceritakan bahwa Squidward merupakan salah satu karakter yang paling sulit digambarnya. Sebab, kartunis yang juga ahli biologi kelautan itu harus menggambar Squidward dengan bentuk kepala bulat besar yang aneh, seperti halnya gurita.

"Tokoh Squidward sulit untuk digambar. Dia memiliki sebuah kepala bulat besar," ungkapnya. Bentuk kepalanya yang besar itu, lanjut Hillenburg, untuk menggambarkan karakter Squidward yang berpikir seolah-olah bahwa dia adalah seorang intelektual.

Setelah kepala, ia juga harus menggambar lengan karakter gurita yang memiliki delapan tentakel. Namun, karena jumlah tersebut dirasa terlalu sulit untuk diwujudkan dalam animasi, Hillenburg pun akhirnya hanya memberikan enam lengan pada tokoh Squidward. 

"Itu hanya untuk memudahkan dalam proses membuat animasinya. Membuat karakter Squidward dengan enam kaki lebih mudah ketimbang delapan kaki," lanjutnya.

Sebenarnya, kesulitan menggambar karakter gurita bukan hanya dirasakan oleh Hillenburg. Studio animasi sekaliber Pixar pun mengakuinya. Tokoh gurita Hank dalam Finding Dory menjadi bagian tersulit dalam pembuatannya, bahkan salah satu jadi pembuatan animasi tersulit yang pernah diproduksi oleh Pixar.

Untuk membuat Hank, prosesnya harus memadukan antara gambar seni dan animasi untuk mendapatkan tentakel yang tepat. Melansir Pop Sugar, butuh sekitar satu tahun hanya untuk membuat tokoh tersebut. 

Walaupun tokoh gurita sulit dibuat, namun Squidward ternyata lebih banyak muncul dibandingkan karakter Patrick. Ia telah muncul dalam 200 episode lebih sejak Spongebob Squarepants tayang pertama kali di layar kaca pada tahun 1999. 

Dalam serial itu, Squidward Tentancles digambarkan sebagai sosok pemarah dan suka mengeluhkan kelakuan tetangganya, yakni Spongebob dan Patrick. Ia bekerja sebagai kasir di restoran Krusty Krab dan suka sekali bermain klarinet.

Terakhir, Squidward singgah sebentar ke daratan untuk mencari resep Krabby Patty yang dicuri bajak laut bersama kawan-kawannya dalam Spongebob Squarepants Movie: Sponge Out of Water. Film itu berhasil meraup 140 juta dolar AS di box office global dan menjadikannya sebagai salah satu film adaptasi serial TV terlaris dalam sejarah box office

Lihat video The Case of the Sponge Bob di bawah.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News